PERBUATAN YANG PALING BAIK

الَّذِي خَلَقَ الْمَوْتَ وَالْحَيَاةَ لِيَبْلُوَكُمْ أَيُّكُمْ أَحْسَنُ عَمَلًا وَهُوَ الْعَزِيزُ الْغَفُورُ
“Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun”.[TQS Al Mulk (67) : 2]

Imam Ibnu Katsir menyatakan, “Berdasarkan ayat ini, ada orang yang berpendapat bahwa, kematian adalah amr wujudiy (perkara yang bersifat wujudiy), dikarenakan ia adalah makhluk. Makna ayat ini adalah, sesungguhnya Allah swt menciptakan makhluk dari ketiadaan untuk menguji mereka, siapa yang paling baik amalnya. Sebagaimana firman Allah swt,(artinya) “Mengapa kamu kafir kepada Allah, padahal kamu tadinya mati, lalu Allah menghidupkan kamu, kemudian kamu dimatikan dan dihidupkan-Nya kembali, kemudian kepada-Nya-lah kamu dikembalikan?[TQS Al Baqarah (2):28] Ibnu Hatim berkata; telah meriwayatkan kepada kami Abu Zur’ah; telah meriwayatkan kepada kami Shofwaan; telah meriwayatkan kepada kami al-Waliid; telah meriwayatkan kepada kami Khalid, dari Qatadah mengenai firman Allah swt “alladziy khalaqa al-maut wa al-hayaah”, ia berkata, “Rasulullah saw bersabda, “Sesungguhnya Allah swt menundukkan manusia dengan kematian, dan menjadikan dunia sebagai tempat kehidupan, lalu menjadikannya sebagai tempat kematian.  Dan Allah swt menjadikan akherat sebagai negeri pembalasan, dan kemudian negeri yang kekal abadi”.[HR. Imam Thabariy dari Ma’mar].  Sedangkan maksud firmanNya “liyabluwakum ayyukum ahsan ‘amalan”, adalah, “paling baik amalnya”, sebagaimana kata Mohammad bin ‘Ajlaan, “Allah tidak menyatakan siapa yang paling banyak amalnya”.  Lalu Allah swt berfirman, “Wa huwa al-‘aziiz al-ghafuur”, maksudnya adalah, Dialah Allah Yang Maha Perkasa, Maha Agung, Maha Kuat, dan Maha Mulia; dan Dia Maha Pengampun kepada siapa saja yang bertaubat dan kembali kepadaNya, setelah ia bermaksiyat dan menyelisihi perintahNya.  Walaupun Allah swt Maha Perkasa, namun demikian Ia Mengampuni, Mengasihi, dan Memaafkan.
Imam Nasafiy di dalam Tafsir An Nasaafiy, menyatakan, “Allah swt telah menetapkan keduanya (kematian dan kehidupan), atau menjadikan kehidupan lalu menghapuskannya sesuai dengan QudrahNya.  Allah swt menyebut kematian terlebih dahulu seperti halnya firman Allah swt, ”wa kuntum amwaatan fa ahyaakum” (sedangkan kalian dahulu mati lalu Aku menghidupkan kalian)(Al Baqarah (2):28).  Sebab, kematian mendorong seseorang untuk berbuat baik.   Sedangkan maksud frase “liyabluwakum”, agar Allah menguji kalian dengan taklif (beban dari Allah), wahai para mukallaf.  Adapun frase ”ayyukum ahsan ’amalan” adalah ashwabahu wa akhlashahu” (yang paling benar dan ikhlash).   Disebutkan dalam hadits marfu’, bahwasanya Nabi saw bersabda, ”Siapa yang paling baik akalnya, wara’ (menjaga diri) dari larangan-larangan Allah, dan siapa yang paling bersegera untuk taat kepadaNya”….Makna frase ”wa huwa al-’Aziiz” adalah Dialah Allah Yang Maha Perkara, dan Dia Tidak Akan Menjadi Lemah oleh orang yang buruk amalnya”.
Imam al-Baghawiy mengatakan, ”Diriwayatkan dari Ibnu ’Umar secara marfu’; bahwasanya, yang dimaksud dengan ”ahsanu ’amalan” (sebaik-baik perbuatan)  adalah sebaik-baik akalnya, se-wara’-wara’nya dari larangan Allah, dan secepat-cepatnya menuju ketaatan kepada Allah swt.  Imam Fudlail bin ’Iyadl mengatakan, ”ahsanu ’amalan” adalah ”yang paling ikhlash” dan yang paling benar”.  Ia berkata, ”Perbuatan tidak akan diterima hingga amal itu ikhlash dan benar. Ikhlash adalah jika amal itu ditujukan hanya untuk Allah, sedangkan benar adalah jika amal itu sesuai dengan sunnah”.
Imam Qurthubiy di dalam Tafsir Qurthubiy menyatakan, ”Allah menciptakan kematian di dunia, dan menciptakan kehidupan di akherat.  Kematian disebutkan terlebih dahulu daripada kehidupan, sebab, kematian biasanya lebih bisa menundukkan…Menurut Al-Zujaj, huruf ”lam” pada frase ”liyabluwakum” berkaitan dengan ”al-hayah (kehidupan)” saja, dan tidak berhubungan dengan ”al-maut” (kematian)”.
Di dalam Kitab Durr al-Mantsuur karya al-Hafidz Al-Suyuthiy dituturkan riwayat-riwayat berikut ini;

وأخرج ابن أبي الدنيا والبيهقي في شعب الإِيمان عن السدي في قوله : { الذي خلق الموت والحياة ليبلوكم أيكم أحسن عملاً } قال : أيكم أحسن للموت ذكراً ، وله استعداداً ، ومنه خوفاً وحذراً .
“Ibnu Abi al-Dunya dan Imam Baihaqiy di dalam Kitab Sya’b al-Iman mengeluarkan sebuah riwayt dari al-Sudiy tentang firman Allah swt, “Al-ladziy khalaq al-maut wa al-hayah liyabluwakum ayyukum ahsanu ‘amalan”, Nabi saw bersabda, “Siapa diantara kalian yang paling baik mengingat kematian, dan ia memiliki persiapan-persiapan, dan terhadap kematian ia takut dan berhati-hati”. [HR. Abi al-Dunya dan Imam Baihaqiy]

وأخرج عبد بن حميد وابن المنذر وابن أبي حاتم عن قتادة في قوله : { الذي خلق الموت والحياة } قال : كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول : « إن الله أذل بني آدم بالموت وجعل الدنيا دار حياة ثم دار موت ، وجعل الآخرة دار جزاء ثم دار بقاء » .
“’Abdullah bin Humaid, Ibnu Mundzir dan Ibnu Abiy Hatim mengeluarkan sebuah hadits dari Qatadah tentang firman Allah swt, “Al-ladziy khalaq al-maut wa al-hayah”,  beliau berkata, “Rasulullah saw saat itu bersabda, “Sesungguhnya, Allah menundukkan bani Adam dengan kematian, dan Dia menjadikan dunia sebagai tempat kehidupan, kemudian menjadikannya tempat kematian.  Dan Allah menjadikan kehdupan akherat sebagai tempat pembalasan, lalu sebagai tempat tinggal yang kekal abadi”.[ HR.’Abdullah bin Humaid, Ibnu Mundzir dan Ibnu Abiy Hatim]

Rujukan:

1. Imam al-Baghawiy, Ma’aalim al-Tanziil (Tafsir al-Baghawiy), juz 8, hal. 176:

روي عن ابن عمر  مرفوعا: ” أحسن عملا” أحسن عقلا وأورع عن محارم الله، وأسرع في طاعة الله , وقال فضيل بن عياض “أحسن عملا” أخلصه وأصوبه. وقال: العمل لا يقبل حتى يكون خالصًا صوابًا الخالص: إذا كان لله والصواب: إذا كان على السنة.

2. Imam An Nasaafiy, Tafsir An Nasaafiy, juz 5, hal. 307:

{ الذى خَلَقَ الموت والحياة } قدرهما أو أوجد الحياة وأزالها حسبما قدره ، وقدم الموت لقوله : { وَكُنتُمْ أمواتا فأحياكم } ولأنه أدعى إلى حسن العمل . { لِيَبْلُوَكُمْ } ليعاملكم المختبر بالتكليف أيها المكلفون . { أَيُّكُمْ أَحْسَنُ عَمَلاً } أصوبه وأخلصه ، وجاء مرفوعاً : ” أحسن عقلاً وأورع عن محارم الله وأسرع في طاعته ” جملة واقعة موقع المفعول ثانياً لفعل البلوى المتضمن معنى العلم ، وليس هذا من باب التعليق لأنه يخل به وقوع الجملة خبراً لما لا يعلق الفعل عنها بخلاف ما إذا وقعت موقع المفعولين . { وَهُوَ العزيز } الغالب الذي لا يعجزه من أساء العمل . { الغفور } لمن تاب منهم .

3. Imam Ibnu Katsir, Tafsir Ibnu Katsir, juz 8, hal. 176:

{ الَّذِي خَلَقَ الْمَوْتَ وَالْحَيَاةَ } واستدل بهذه الآية من قال: إن الموت أمر وجودي لأنه مخلوق. معنى الآية: أنه أوجد الخلائق من العدم، ليبلوهم ويختبرهم أيهم أحسن عملا؟ كما قال: { كَيْفَ تَكْفُرُونَ  ِاللَّهِ وَكُنْتُمْ أَمْوَاتًا فَأَحْيَاكُمْ } [البقرة: 28] فسمى الحال الأول -وهو العدم-موتًا، وسمى هذه النشأة حياة. ولهذا قال: { ثُمَّ يُمِيتُكُمْ ثُمَّ يُحْيِيكُمْ } [البقرة: 28] . وقال ابن أبي حاتم: حدثنا أبو زُرْعَة، حدثنا صفوان، حدثنا الوليد، حدثنا خُلَيْد، عن قتادة في قوله: { الَّذِي خَلَقَ الْمَوْتَ وَالْحَيَاةَ } قال: كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول: “إن الله أذل بني آدم بالموت، وجعل الدنيا دار حياة ثم دار موت، وجعل الآخرة دار جزاء ثم دار بقاء”. ورواه مَعْمَر، عن قتادة (1) . وقوله: { لِيَبْلُوَكُمْ أَيُّكُمْ أَحْسَنُ عَمَلا } أي: خير عملا كما قال محمد بن عَجْلان: ولم يقل أكثر عملا. ثم قال: { وَهُوَ الْعَزِيزُ الْغَفُورُ } أي: هو العزيز العظيم المنيع الجناب، وهو مع ذلك غفور لمن تاب إليه وأناب، بعدما عصاه وخالف أمره، وإن كان تعالى عزيزا، هو مع ذلك يغفر ويرحم ويصفح ويتجاوز.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: