BERCERMIN PADA BUDI PEKERTI NABI

          Salah satu anugerah terbesar yang diberikan Allah swt kepada umat manusia adalah diutusnya Nabi Mohammad saw.  Pasalnya, beliau adalah seorang Nabi yang membawa risalah agung dari Tuhannya untuk membimbing manusia menuju jalan yang lurus dan selamat.  Allah swt berfirman;

 

وَمَا أَرْسَلْنَاكَ إِلا َّرَحْمَةً لِلْعَالـَمِينَ

“Dan tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam“.[TQS Al Anbiyaa’ (21):107]

 

وَمَا أَرْسَلْنَاكَ إِلا َّكَافَّةً لِلنَّاسِ بَشِيرًا وَنَذِيرًا وَلَكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لاَ يَعْلَمُونَ

“Dan Kami tidak mengutus kamu, melainkan kepada umat manusia seluruhnya sebagai pembawa berita gembira dan sebagai pemberi peringatan, tetapi kebanyakan manusia tiada mengetahui“.[TQS Saba’ (34):28]

          Selain itu, beliau juga merupakan Nabi terpilih yang memiliki budi pekerti luhur dan mulya.  Al-Quran telah menyatakan hal ini dengan sangat jelas.  Allah swt berfirman;

 

وَإِنَّكَ لَعَلى خُلُقٍ عَظِيمٍ

“Dan sesungguhnya kamu benar-benar berbudi pekerti yang agung“.[TQS Al Qalam (68):4]

          Makna kata  al-khuluq”  yang terdapat di dalam surat al-Qalam ayat 4 adalah al-diin (agama).   Al-‘Aufiy berkata, “Khuluq ‘adziim” maknanya adalah diinuka al-‘adziim.  Penafsiran semacam ini juga dianut oleh al-Dlahak, Mujahid, Abu Malik, al-Rabii’ bin Anas, dan Ibnu Zaid, Imam Ahmad dan lain sebagainya.  Sedangkan Ibnu ‘Athiyyah menafsirkan “khuluq ‘adziim  dengan “adab al-‘adziim” [budi pekerti atau karakter yang agung].[1]   Sedangkan yang dimaksud “adab” di sini, bukanlah budi pekerti (karakter) yang lahir secara alamiah atau nilai-nilai universal yang luhur, akan tetapi adab yang terlahir dari al-Quran.  Imam Thabariy, menyatakan, bahwa maksud dari “wa innaka” la’ala khuluqin ‘adzim” adalah “adabin ‘adziim”.  Maksudnya, karakter budi pekerti Rasulullah adalah budi pekerti yang dibentuk oleh al-Quran, bukan karakter alamiah yang terpisah dari al-Quran dan sunnah.   Dengan kata lain, budi pekerti Rasulullah saw (adab) adalah Islam dan syariatNya (hukum-hukum Allah swt).  Menurut Imam Thabariy, ini adalah pendapat para ahli tafsir.[2]

          Qatadah menuturkan sebuah riwayat yang menyatakan bahwa ‘Aisyah pernah ditanya tentang akhlaq Rasulullah saw.   Beliau ra menjawab, “Akhlaq Rasulullah saw adalah al-Quran.”  Sa’id bin Abi ‘Arubah, tatkala menafsirkan firman Allah swt, “wa innaka la’ala khuluq ‘adziim”, menyatakan, “Telah dituturkan kepada kami, bahwa Sa’id bin Hisyam bertanya kepada ‘Aisyah tentang akhlaq Rasulullah saw.  ‘Aisyah menjawab, “Bukankah kamu membaca al-Quran.”  Imam Abu Dawud dan Nasa’iy juga meriwayatkan sebuah hadits dari ‘Aisyah ra, yang menyatakan bahwa akhlaq Rasulullah saw adalah al-Quran.

          Imam Ibnu Katsir menyatakan bahwa akhlaq Rasulullah saw adalah  refleksi dari al-Quran.  Beliau menambahkan lagi, sesungguhnya karakter (akhlaq) Rasulullah saw merupakan wujud dari ketaatan beliau saw terhadap perintah dan larangan Allah swt.   Beliau saw senantiasa mengerjakan apa yang diperintahkan Allah, dan meninggalkan apa yang dilarang olehNya.   Wajar saja bila di dalam sebuah riwayat Rasulullah saw bersabda,”Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlaq”. [HR. Imam Ahmad]

          Di dalam hadits-hadits shahih banyak dituturkan mengenai budi pekerti Nabi saw.  Diantara budi pekerti beliau yang menonjol adalah sebagai berikut;

 

Kezuhudan

          Zuhud adalah orang yang dianugerahi harta yang melimpah ruah oleh Allah, namun ia sanggup menjaga dirinya dari ketamakan dan kekikiran terhadap harta.  Sebaliknya, orang tersebut menggunakan hartanya untuk meringankan beban penderitaan orang lain, memberi makan orang yang lapar dan fakir.  Dalam masalah zuhud ini Rasulullah saw bersabda;

          Zuhud di dunia bukanlah dengan cara mengharamkan yang halal, atau menelantarkan harta.  Tetapi, zuhud di dunia adalah tidak menjadikan apa yang ada di tanganmu lebih dipercayai daripada apa yang ada di sisi Allah.”[HR. Imam Turmudziy dan Ibnu Majah]

          Walaupun beliau saw diberi anugerah yang sangat banyak oleh Allah swt namun, beliau bukanlah orang yang suka bergelimangan dengan harta, kikir, dan pelit dalam hal harta.  Sebaliknya, beliau menggunakan anugerah harta yang diberikan Allah kepadanya untuk urusan dan kepentingan umat manusia.  Beliau saw diberi hak oleh Allah swt untuk mengambil khumus (1/5) dari harta rampasan perang; satu jumlah yang tidak sedikit, bahkan melimpah ruah.  Namun, beliau menggunakan haknya yang sangat besar itu untuk kepentingan Islam dan kaum Muslim; dan hanya sedikit yang beliau gunakan untuk mencukupi kebutuhan dirinya dan keluarganya.  Kenyataan ini tampak jelas dalam kezuhudan beliau saw dalam hal makanan yang beliau makan, rumah yang beliau tempati, dan pakaian yang beliau kenakan. 

          Dalam hal makanan, beliau biasa memakan roti gandum yang kasar.  Beliau tidak pernah makan roti tepung yang halus dan empuk hingga beliau wafat.[3]

          Imam Turmudziy meriwayatkan bahwasanya ‘Abdullah bin ‘Abbas ra berkata, “Rasulullah saw pernah tidur beberapa malam berturut-turut, sedangkan beliau dan keluarganya dalam keadaan lapar karena tidak memiliki sesuatu untuk makan malam.  Roti yang biasa mereka makan sebagian besarnya adalah roti gandum yang kasar”.[HR. Imam Turmudziy]

          Imam Ahmad dalam Musnad Imam Ahmad juz III, hal. 212, menuturkan sebuah riwayat bahwasanya Fathimah pernah mendatangi beliau saw dengan membawa roti yang diremukkan.  Beliau saw bersabda, “Remukkan apa ini, wahai Fathimah? Fathimah berkata, “Roti pipih bulat.  Hatiku tidak tenteram hingga membawakannya untukmu.  Rasulullah saw bersabda, “Sesungguhnya ini adalah makanan pertama yang masuk ke dalam mulut ayahmu setelah tiga hari ini.”[HR. Imam Ahmad]

          Perhatikan pula lauk pauk yang biasa disantap beliau saw.  Dalam sebuah riwayat yang dituturkan oleh Imam Muslim, Abu Dawud, dan Imam Turmudziy dinyatakan bahwasanya kuah yang biasa beliau makan adalah cuka.  Beliau saw pernah bersabda, “Kuah yang paling enak adalah cuka”.[HR. Imam Muslim, Abu Dawud, dan Turmudziy]

          Beliau kadang-kadang berlaukpaukkan daging, namun beliau saw belum pernah makan daging domba yang dipanggang.  Anas bin Malik bercerita, “Aku belum pernah melihat Rasaulullah saw memakan roti halus lagi empuk hingga beliau wafat. Aku juga tidak pernah melihat beliau makan daging kambing yang dipanggang hingga beliau meninggal.”[HR. Imam Bukhari]

          Adapun dalam hal pakaian, beliau saw bukanlah orang yang memiliki banyak koleksi pakaian, meskipun beliau sanggup untuk itu.  Perhatikan riwayat ‘Aisyah ra ini, “Beliau saw tidak pernah memiliki sesuatu secara berpasang-pasangan.  Beliau tidak memiliki dua baju, dua jubah, dua kain pinggang, juga tidak memiliki sandal lebih dari sepasang”.[4]

          Pakaian Nabi saw juga bukan yang indah dan mahal, akan tetapi sebagian besar pakaiannya adalah pakaian usang yang bertambal.  Abu Hurairah ra berkata, “Kami mengunjungi ‘Aisyah ra.  Beliau menunjukkan kepada kami sebuah kain penutup bertambal dan kain pinggang yang kasar.  ‘Aisyah berkata, “Kain seperti inilah yang menjadi kafan beliau ketika dimakamkan”.[HR. ‘Abdur Razaq, dan Ibnu Abi Syaibah]

          Keluarga beliau saw juga memakai pakaian yang bertambal.  ‘Urwah bin Zubeir menuturkan bahwasanya ia berkata, “‘Aisyah tidak suka memperbarui bajunya, melainkan menambalnya atau membaliknya”.[5]   Semua pakain itu harganya sangat murah.  Hasan al-Bashri memperkirakan harga pakaian itu hanya 6 dirham.[HR. Ibnu Abi Syaibah]

          Tempat tinggal beliau juga sangat sederhana.  Ummul Mukminin ‘Aisyah ra bercerita, “Sesungguhnya hamparan tempat tidur (kasur) Rasulullah saw terdiri atas kulit binatang, sedangkan isinya sabut korma”.[HR. Imam Muslim] 

          Beliau juga tidak menghiasai dinding rumahnya dengan tirai.  Beliau saw sangat marah melihat tirai di rumahnya.  Sebab, beliau menganggap hal itu berlebihan di saat kaum Muslim masih membutuhkan, dan juga mendorong seseorang mencintai dunia. ‘Aisyah ra berkata, “Suatu saat, Nabi saw berangkat perang, lalu aku menggantungkan sebuah permadani.  Ketika Rasulullah saw datang, dan melihat permadani tersebut, aku melihat pandangan tidak suka pada wajahnya. Beliau mencopot permadani dan mengoyaknya seraya berkata, “Sesungguhnya Allah swt tidak memerintahkan kita untuk menghiasi ruangan dan tanah ini”.[HR. Imam Muslim]

          Beliau saw juga tidak menyimpan harta benda.  Anas bin Malik ra menuturkan, “Rasulullah saw tidak menyimpan sesuatu untuk hari esok”.[6]  Ketika wafat, beliau saw hanya meninggalkan sebuah pedang, seekor keledai, dan sebidang tanah yang disedekahkan di jalan Allah swt.[7]   Beliau saw juga meninggalkan sebuah baju besi yang digadaikan kepada seorang laki-laki Yahudi seharga tiga puluh sha’ gandum.[HR. Imam Bukhari]

 

Kedermawanan

          Imam Muslim meriwayatkan sebuah hadits dari ‘Abdullah bin ‘Abbas bahwasanya ia berkata;

          Rasulullah saw adalah orang yang paling dermawan di antara manusia.  Kedermawanan Rasulullah saw jauh lebih besar lagi, tatkala berada di bulan Ramadlan.  Malaikat Jibril suka menemui beliau setiap tahun di bulan Ramadlan selama sebulan penuh.  Beliau memenuhi bulan Ramadlan dengan membaca al-Quran di hadapan malaikat Jibril as.  Jika beliau telah bertemu dengan malaikat Jibril, kedermawanan beliau melebihi angin yang berhembus”.[HR. Imam Muslim]

          Imam Muslim juga menuturkan sebuah riwayat dari Jabir bin ‘Abdullah ra, bahwasanya ia berkata, “Rasulullah saw tidak pernah dimintai sesuatu, kecuali beliau akan memberikannya”.[HR. Imam Muslim]

          Imam Muslim juga menuturkan sebuah hadits, bahwasanya ada seorang laki-laki meminta sekawanan ternak yang ada di antara dua bukit, lalu beliau memberikan semua domba itu kepadanya.  Kemudian, laki-laki itu mendatangi kaumnya seraya berkata, “Masuklah ke dalam Islam.  Demi Allah, Mohammad saw telah memberikan sesuatu bagaikan orang yang tidak takut kefakiran”.[HR. Imam Muslim]

 

Kasih Sayang

          Anas bin Malik ra menuturkan sebuah hadits;

          Aku menjadi pembantu Rasulullah saw selama sepuluh tahun.  Selama itu beliau tidak pernah mengatakan “uf”.  Beliau juga tidak pernah berkata kepadaku karena sesuatu yang aku kerjakan dengan perkataan, “Mengapa kau kerjakan begini!  Dan juga karena ada sesuatu yang tidak aku kerjakan beliau mengatakan, “Mengapa tidak kau kerjakan!”.  Rasulullah saw adalah sebaik-baik manusia ditinjau dari sisi akhlaqnya.  Tidak pernah aku menyentuh kain yang terbuat dari bulu dan sutera asli, dan tidak pula sesuatu lainnya yang lebih lembut dari telapak tangan Rasulullah saw.  Aku juga tidak pernah mencium kesturi dan minyak wangi yang lebih wangi daripada keringat Rasulullah saw”.[HR. Imam Turmudziy, dari Qutaibah bin Sa’id, dari Anas bin Malik]

          ‘Aisyah ra menuturkan;

          Rasulullah saw bukanlah orang yang keji dan orang yang membiarkan kekejian.  Beliau tidak mengeluarkan suara keras-keras di pasar-pasar dan tidak membalas kejahatan orang lain dengan kejahatan.  Beliau suka memaafkan dan berjabatan tangan”.[HR. Imam Turmudziy]

          Hisyam bin Urwah menuturkan sebuah hadits dari ‘Aisyah ra, bahwasanya beliau menuturkan;

          Rasulullah saw tidak pernah memukul sesuatu dengan tangannya, kecuali tatkala beliau saw berjihad di jalan Allah.  Beliau juga tidak pernah memukul pembantu dan wanita”.[HR. Imam Turmudziy]

          ‘Urwah meriwayatkan juga sebuah hadits dari ‘Aisyah ra bahwasanya beliau berkata;

          Aku tidak pernah melihat Rasulullah saw membalas suatu aniaya yang ditimpakan orang kepada dirinya selama orang itu tidak menghina kehormatan Allah swt.  Namun, jika kehormatan Allah dihina oleh seseorang sedikitpun, beliau adalah orang yang paling marah karenanya.  Seandainya beliau saw diminta memiliki dua perkara, niscaya beliau akan memilih perkara yang paling mudah, selama perkara itu tidak berhubungan dengan kemaksiyatan”.[HR. Imam Turmudziy dari Hisyam bin ‘Urwah]

          Ummul Mukminin ‘Aisyah ra menuturkan sebuah hadits;

          Sewaktu aku berada di samping Nabi saw, ada seorang laki-laki meminta ijin untuk bertamu kepada Rasulullah saw.  Beliau berkata, “Sejahat-jahatnya pemimpin suku (Ibnul ‘Asyirah) adalah dia; atau perawi ragu-ragu, “Sejahat-jahatnya Akhul ‘Asyirah (pemimpin suku) adalah dia”.  Lalu, Rasulullah saw mengijinkannya.  Ketika orang itu masuk ke dalam rumah, beliau berkata lembut kepadanya.  Setelah orang itu keluar, aku bertanya kepada beliau, “Wahai Rasulullah, engkau telah mengatakan sesuatu kepadanya (mengungkapkan kejahatan orang itu), tetapi engkau berkata lembut kepada dirinya?”  Beliau saw bersabda, “Wahai ‘Aisyah, sesungguhnya sejahat-jahat manusia adalah orang yang ditinggalkan sesamanya atau orang yang dibiarkan sesamanya karena takut dengan kejahatannya”.[HR. Imam Bukhari dan Muslim, Imam Turmudziy, dan Abu Dawud]

          Kasih sayang beliau yang amat luas dan besar juga ditunjukkan dalam hal meringankan beban kaum Mukmin dalam beribadah kepada Allah.   Beliau saw pernah memendekkan sholat dikarenakan beliau saw mendengarkan tangisan bayi yang ditinggalkan ibunya yang ingin sholat bersama dengan Rasulullah saw.  Beliau begitu sedih dan tersentuh hatinya ketika mendengar tangis bayi dan kesabaran ibunya.  Oleh karena itu, beliau segera memendekkan sholat untuk menghapuskan kesedihan bayi dan untuk meringankan beban ibunya. Anas bin Malik bercerita, bahwasanya Nabi saw bersabda, “Aku baru memulai sholat dan ingin memanjangkannya.  Lalu, aku mendengar tangis bayi.  Aku pun menahan diri untuk tidak memanjangkan sholatku.  Sebab, aku tahu bagaimana besarnya kerinduan seorang ibu ketika mendengar tangis anaknya”.[HR. Imam Bukhari]

          Suatu saat, Nabi saw sedang mengerjakan sholat; lalu datanglah Umamah putri Zaenah menggelantungi tubuh beliau, lalu beliau mengangkatnya ke atas bahunya.  Jika beliau hendak sujud, beliau meletakkan Umamah di atas tanah.  Dan jika beliau berdiri, beliau meletakkan Umamah ke atas bahunya kembali.”[8]

          Imam Bukhari menuturkan sebuah riwayat mengenai ‘Abdullah bin Amr.  Seorang shahabat yang gemar dan rajin beribadah.  Beliau selalu mengerjakan sholat tahajjud di waktu malam dan berpuasa hingga badannya kurus kering.  Melihat ini keadaan ini, beliau saw berkata kepadanya, “Apakah benar kabar yang sampai kepadaku bahwa kamu berpuasa sepanjang hari dan sholat tahajjud sepanjang malam?  ‘Abdullah bin Umar menjawab, “Benar, wahai Rasulullah.” Rasulullah saw bersabda, “Jangan lakukan itu lagi.  Berpuasa dan berbukalah, tidur dan berdirilah untuk sholat.  Sesungguhnya, tubuhmu memiliki hak darimu, matamu memiliki hak darimu, dan istrimu pun memiliki hak dari dirimu”.[HR. Imam Bukhari]

          Kasih sayang beliau tidak hanya kepada kaum Mukmin belaka, akan tetapi juga kepada kaum Kafir.   Hal ini tampak dalam keseriusan beliau dalam upaya menyelamatkan mereka dari siksa api neraka.  Beliau tidak pernah berputus asa menyeru mereka agar masuk ke dalam Islam.  Pasalnya, mereka hanya bisa diselamatkan dari api neraka, jika mereka mau diajak masuk ke dalam agama Islam.   Untuk itu, beliau rela menanggung beban penderitaan dan kesedihan yang sangat dalam menyeru mereka ke dalam agama Islam.  Penderitaan dan kesedihan itu semakin memuncak ketika beliau menghadapi penolakan, permusuhan, bahkan perlawanan dari kaum kafir.  Hingga akhirnya, Allah swt berfirman kepadanya;

 

فَلَعَلَّكَ بَاخِعٌ نَفْسَكَ عَلَى ءَاثَارِهِمْ إِنْ لَمْ يُؤْمِنُوا بِهَذَا الْحَدِيثِ أَسَفًا

“Maka (apakah) barangkali kamu akan membunuh dirimu karena bersedih hati setelah mereka berpaling, sekiranya mereka tidak beriman kepada keterangan ini (Al-Quran)”.[TQS Al Kahfi (18):6]

 

فَلاَ تَذْهَبْ نَفْسُكَ عَلَيْهِمْ حَسَرَاتٍ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ بِمَا يَصْنَعُونَ

“Maka janganlah dirimu binasa karena kesedihan terhadap mereka. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui apa yang mereka perbuat“. [TQS Fathiir (35):8]

          Kasih sayang beliau tidak hanya untuk manusia saja, akan tetapi juga untuk binatang.  Beliau memerintahkan kepada kaum Muslim menggiring kambing yang hendak disembelih dengan cara yang lembut;  menajamkan mata pisau, dan tidak menajamkan pisau di hadapan hewan yang hendak disembelih.  Imam Muslim meriwayatkan sebuah riwayat dari Nabi saw, bahwasanya beliau bersabda, “Hendaklah salah seorang diantara kalian menajamkan pisaunya dan menenangkan hewan yang akan disembelihnya”.[HR. Imam Muslim] 

          ‘Abdur Razaq meriwayatkan bahwasanya suatu saat ada penjagal membuka kandang kambing yang hendak disembelihnya.  Kambing itu lepas dan lari melawati Rasulullah saw.  Si penjagal mengikutinya dan menyeret kambing tersebut.  Rasulullah saw berkata kepada kambing itu, “Bersabarlah wahai kambing, karena ini adalah ketetapan dari Allah, dan engkau wahai penjagal, giringlah kambing ini menuju kematiannya dengan cara yang lembut.”[HR. ‘Abdur Razaq dalam Mushannif ‘Abdur Razaq, no. 8609]  Di dalam Mushannif ‘Abdur Razaq juga dituturkan bahwasanya ada seorang laki-laki telah membaringkan kambing dan meletakkan kakinya di atas leher hewan itu, lalu ia mengasah pisaunya.   Rasulullah saw berkata, “Celakalah kamu!  Apakah kamu ingin membunuhnya beberapa kali?  Mengapa kamu tidak menajamkan pisaumu terlebih dahulu sebelum membaringkannya”.[HR. ‘Abdur Razaq]

 

Kebijaksanaan

            Salah satu sifat mulia yang dimiliki Rasulullah saw adalah kebijaksanaan.  Beliau saw adalah orang yang mudah memberikan maaf dan berbuat baik kepada orang-orang yang menyakiti dirinya, daripada menjatuhkan sanksi atau membalas kejahatan orang yang berbuat jahat kepadanya.   Dalam sebuah riwayat dituturkan bahwasanya sebelum masuk Islam, Zaid bin Sun’ah mendatangi beliau saw dan meminta beliau saw untuk menyelesaikan hutang-hutangnya.  Zaid bin Sun’ah menarik baju beliau, bertindak kasar , dan berkata kepada beliau, “Hei keturunan ‘Abdul Muthalib! Sungguh, kalian ini adalah orang yang suka mengulur-ulur waktu pembayaran hutang!  ‘Umar bin Khaththab, langsung menghardik Zaid dan membentaknya.  Sebaliknya, Nabi saw malah tersenyum dan bersabda, “Wahai Umar, aku dan dia tidak bermaksud membuat perkara seperti yang kamu sangka.  Kami menyuruhku untuk membayar hutang dengan sebaik-baiknya, tetapi kamu malah menyuruhnya untuk menyelesaikan perkara dengan sebaik-baiknya”. Lalu Zaid berkata, “Masih ada waktu untuk membayar hutang itu tiga hari”.  Kemudian, beliau menyuruh ‘Umar membayarkan dulu hutang beliau itu dan menambahnya 20 sha’, hingga hal itu membuat Zaid menjadi terharu”.[HR. Imam Bukhari dan Muslim]

          Anas bin Malik menuturkan sebuah cerita, “Aku pernah berjalan bersama Rasulullah saw yang saat itu beliau mengenakan selimut buatan orang Najrani yang kasar tepi kainnya.  Lalu, seorang Arab dusun menemui beliau dan menarik selimutnya dengan keras hingga aku melihat leher beliau ada bekas tepi selimut karena kerasnya selimut itu ditarik.

          Imam Bukhari dan Muslim meriwayatkan sebuah hadits bahwasanya Rasulullah saw, di hari Ja’arranah, membagikan harta rampasan yang diperoleh kaum Muslim kepada orang-orang menurut beliau saw akan membawa kebaikan bagi Islam dan kaum Muslim, yakni para muallaf.  Akan tetapi, salah seorang laki-laki berkata, “Demi Allah, tidak ada keadilan dalam pembagian harta rampasan kali ini”. Dalam riwayat lain disebutkan, laki-laki berkata, “Wahai Rasulullah, bertakwalah kepada Allah!”.  Rasulullah saw menjawab, “Siapakah yang sanggup bersikap adil selain Allah dan RasulNya?  Aku sia-sia dan merugi jika tidak bersikap adil.  Sesungguhnya, Allah swt merahmati Nabi Musa as karena ketika ia disakiti lebih dari ini, ia tetap bersabar”.  Khalid bin Walid menimpali, “Wahai Rasulullah, bolehkah aku memenggal lehernya? Beliau saw menjawab, “Tidak, mungkin saja dia masih suka sholat”.  Khalid berkata, “Betapa banyak orang melakukan sholat tetap masih suka mengucapkan sesuatu yang tidak sesuai dengan hatinya”.  Rasulullah saw bersabda, “Sesungguhnya aku tidak diperintahkan untuk menyelidiki hati-hati manusia dan juga tidak untuk merobek-robek perut mereka”.[HR. Imam Bukhari dan Muslim]

          Kebijaksanaan beliau saw juga tidak lenyap, meskipun beliau berada dalam kondisi yang sangat kritis dan menghadapi seorang yang berusaha keras membunuhnya.   Suatu saat, Rasulullah saw pernah berada dalam sebuah peperangan bersama para shahabatnya.  Beliau saw berbaring untuk tidur siang.  Para shahabat pun melakukan hal yang sama.   Ketika beliau saw berbaring di bawah sebuah pohon, tiba-tiba Gaurats bin al-Harits telah berdiri di atas kepala beliau sambil memegang pedang, dan berkata, “Hai Mohammad! Siapakah yang akan melindungimu dari pedangku ini?  Rasulullah saw pun bangun dan segera menjawab, “Allah”. Pedang itu pun jatuh dari tangan Gaurats.  Nabi saw pun mengambil pedang itu, seraya berkata kepada Gaurats, “Sekarang, siapa yang akan melindungi kamu dariku?  Gaurast berkata, “Jadilah engkau orang paling baik dalam memberikan balasan”.  Beliau pun segera melepaskan Gaurats dan memaafkannya”.[9]

          Di dalam tafsir Ibnu Katsir, Imam Ibnu Katsir menyebutkan bahwasanya ada 80 orang laki-laki Musyrik berkumpul di Tan’im.  Mereka mendatangi Mekah pada waktu shalat Shubuh dengan maksud membunuh Rasulullah saw.  Namun, kaum Muslim berhasil menawan mereka.  Semuanya berdiri di hadapan Rasulullah saw hingga beliau saw membebaskan mereka semua.  Allah swt berfirman;

 

وَهُوَ الَّذِي كَفَّ أَيْدِيَهُمْ عَنْكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ عَنْهُمْ بِبَطْنِ مَكَّةَ مِنْ بَعْدِ أَنْ أَظْفَرَكُمْ عَلَيْهِمْ وَكَانَ اللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرًا

“Dan Dialah yang menahan tangan mereka dari (membinasakan) kamu dan (menahan) tangan kamu dari (membinasakan) mereka di tengah kota Mekah sesudah Allah memenangkan kamu atas mereka, dan adalah Allah Maha Mlihat apa yang kamu kerjakan”.[TQS Al Fath (48):24][10]

          Terhadap ‘Abdullah bin Ubay bin Salul, orang munafik yang tak henti-hentinya menyusahkan dan berusaha mencelakakan beliau saw sejak beliau hijrah ke Madinah, beliau saw pun juga tidak kehilangan kebijaksanaan kepadanya.  Tatkala gembong munafik itu wafat, datanglah ‘Abdullah kepada Rasulullah saw meminta baju beliau saw untuk dijadikan kain kafan jenazahnya, sebagai pertanda bahwa beliau saw telah memaafkan semua kejahatan yang pernah dia lakukan.   Tidak hanya itu saja, ‘Abdullah juga meminta Rasulullah saw untuk mensholatkan jenazah ayahnya.  Beliau pun memberikan bajunya kepada ‘Abdullah untuk digunakan sebagai kain kafan ayahnya.  Lalu beliau pun berkata, “Izinkanlah aku untuk mensholatkannya”.[HR. Imam Bukhari]  Namun, beliau saw kemudian ditegur oleh Allah swt.

          ‘Aisyah ra bercerita, “Rasulullah saw tidak akan menuntut balas sedikitpun untuk dirinya kecuali jika hukum-hukum Allah dilanggar, beliau saw akan menuntut balas”.[HR. Imam Bukhari]

          Tatkala Usamah bin Zaid mendatangi Rasulullah saw meminta beliau agar memaafkan seorang wanita Makhzumi yang telah melakukan tindak pencurian, beliau seketika itu marah, dan berkata kepadanya, “Apakah kamu meminta pengampunan dalam masalah yang termasuk dalam hudud Allah swt?”  Lalu, beliau saw berkhuthbah, “Wahai manusia, sesungguhnya orang-orang sebelum kalian binasa karena jika orang terhormat yang mencuri maka mereka membebaskannya, tetapi jika orang lemah yang mencuri mereka menegakkan hukum (had).  Demi Allah, seandainya Fathimah binti Mohammad mencuri, niscaya akan aku potong tangannya”.[HR. Bukhari]

 

Keperwiraan dan Keberanian

            Walaupun beliau saw terkenal memiliki sifat lemah lembut, pengasih- penyayang, dan bijaksana, itu bukan berarti beliau penakut dan lemah hatinya.  Beliau saw adalah sosok pemberani dan perwira yang keberaniannya tidak bisa ditandingi oleh siapapun. 

          Ali bin Abi Thalib karramallahu wajhah menceritakan keberanian Rasulullah saw ketika berada di medan perang Badar, “Jika peperangan semakin berkobar dan biji mata telah memerah, maka kami berlindung kepada Rasulullah saw.  Tak seorangpun yang lebih dekat dengan musuh, selain beliau saw.  Kamu telah mengetahui bagaimana kondisi kami di saat perang Badar; kami berlindung kepada Rasulullah saw dan beliaulah orang yang paling dekat dengan musuh”.[Sirah Ibnu Katsir, juz III, hal. 64]

          Jika kita perhatikan dengan seksama, keputusan beliau untuk memerangi kaum Quraisy di medan Badar hanya dengan dukungan pasukan berjumlah 313 orang saja, menunjukkan betapa beliau saw adalah seorang pemimpin yang sangat berani.  Bukankah musuh yang dihadapinya berjumlah 3 kali lipat lebih dibandingkan kekuatan tentaranya?  Jikalau bukan karena keberanian dan keperwiraan yang demikian hebat, rasanya tidak mungkin beliau memutuskan memerangi kaum Quraisy di Badar.

          Tatkala berada di medan Uhud, beliau saw terluka cukup parah. Gigi depannya patah, wajahnya robek, dan diliputi kepenatan yang luar biasa.  Hingga akhirnya, beliau menyandarkan tubuhnya pada sebuah batu di lembah itu.  Dalam kondisi seperti itu, datanglah Ubay bin Khalaf yang mengenakan baju besi.  Ia berteriak-teriak memanggil-manggil Rasulullah saw, seperti orang dungu tanpa perhitungan sedikitpun, “Di mana Mohammad?  Aku tidak akan selamat jika ia selamat”.  Sebagian shahabat yang mengelilingi Nabi saw di lembah itu berkata, “Wahai Rasulullah, bolehkah salah seorang diantara kami bersikap ramah kepadanya?”  Rasulullah saw menjawab, “Jangan, biarkan dia”.  Lalu, Rasulullah saw bangkit dengan keteguhan melebihi gunung, mengambil tombak dengan tangannya, seraya maju ke depan menghadang Ubay bin Khalaf dan menikam lehernya dengan tombak itu hingga ia terjatuh dari kudanya”.[Sirah Ibnu Katsir, juz III, hal. 64]

          Keberanian beliau saw juga terlihat di dalam perang Hunain.  Tatkala kaum Muslim menghadapi serangan mendadak hingga mencerai-beraikan barisan mereka, beliau tetap berdiri kokoh bagaikan batu karang, dan terus berusaha menghimpun para shahabatnya untuk menghempaskan para penyerang.  Beliau berseru, “Aku adalah seorang Nabi yang tidak pernah berdusta, atau aku adalah keturunan Abdul Muthalib”.[HR. Imam Bukhari dan Muslim]  Dalam kondisi pasukan tercerai berai dan banyak yang melarikan diri, beliau sanggup menahan perasaan takut, gentar, dan gugup, dan tetap berusaha mengendalikan pasukannya.  Semua tidak mungkin terjadi kecuali pada diri beliau telah tertanam sifat keperwiraan dan keberanian yang sempurna.

          Keberanian beliau tidak hanya sebatas dalam menghadapi tekanan-tekanan fisik dari musuh-musuhnya, akan tetapi, beliau juga orang paling berani menyampaikan kebenaran di hadapan orang-orang yang ingkar kepada Allah swt dan NabiNya.  Imam Ibnu Katsir di dalam Sirah Ibnu Katsir menceritakan, “Ketika masih berumur 9 tahun, Nabi Mohammad saw pernah ditanya oleh pendeta Bahira, “Wahai anak kecil, aku bertanya kepadamu dengan nama Latta dan ‘Uzza, dan engkau hrus menjawab apa yang aku tanyakan kepadamu”.  Namun, Nabi Mohammad tidak memberikan jawaban yang diminta oleh Rahib itu.  Bahkan, dengan penuh keberanian, beliau berkata, “Jangan bertanya kepadaku tentang sesuatupun dengan menyebut nama Latta dan ‘Uzza.  Demi Allah, tidak ada sesuatu yang sangat aku benci melainkan keduanya.[Sirah Ibnu Katsir, juz I, hal. 245]

          Ketika paman beliau saw, Abu Thalib membujuk dirinya untuk bersikap lunak kepada orang-orang kafir Quraisy, beliau tetap tegar, dan dengan penuh keberanian berkata kepada pamannya, “Wahai Paman, demi Allah, seandainya mereka meletakkan matahari di tangan kananku, dan rembulan di tangan kiriku agar aku meninggalkan perkara ini (dakwah Islam), aku tidak akan pernah meninggalkannya hingga Allah memenangkan perkara itu, atau aku binasa karenanya membelanya”.[Sirah Ibnu Katsir, juz I hal. 463]

          Kisah di atas –dan masih banyak riwayat-riwayat yang lain–, menunjukkan bahwa beliau adalah sosok pemberani yang tidak pernah takut menghadapi celaan dan gangguan manusia dalam menjalankan perintah Allah swt.  

          Inilah budi pekerti agung yang dimiliki oleh Rasulullah saw, sehingga beliau layak untuk diteladani dan ditaati oleh umat manusia hingga akhir jaman.

 

 

 




[1] Imam Ibnu Katsir, Tafsir Ibnu Katsiir

[2] Imam Thabariy, Tafsir al-Thabariy

[3] Shifat al-Shafwah, juz I, hal. 98.

[4] Shifat al-Shafwah, juz I, hal. 200

[5] Jami’ul Ushuul, IV, hal. 671

[6] Asy-Syifa, hal. 84

[7] Asy-Syifa, juz I, hal. 105

[8] Asy-Syifa, juz.I, hal. 96

[9] Asy- Syifa, juz I, hal. 80

[10] Imam Ibnu Katsir, Tafsir Ibnu Katsir, surat al-Fath:24.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: